Container Icon

MENGENAL RISIKO



Pengambilan risiko adalah hal yang prinsip dan wajar dalam merealisasikan potensi sendiri sebagai wirausaha. Para wirausaha pada umumnya menyukai pengambilan risiko usaha karena ingin berhasil di dalam mengelola usaha atau bisnisnya. Pengambilan risiko dalam hidup melibatkan suatu kendala akan peristiwa-peristiwa yang terjadi, perhatian akan masa depan dan keinginan hidup di masa sekarang. Orang berhasil bukan sekadar karena melalui tahap pencapaiannya, tapi juga siap menerima resiko yang timbul, tetapi dalam mengambil resiko kita tidak boleh ceroboh harus di pikir secara matang sebelum melakukan tindakan dan dalam mengambil resiko pun harus dilakukan demi kebaikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang terlibat dalam suatu kasus yang ditimbulkan dan jangan dilakukan mengambil resiko yang bersifat buruk. Seperti contoh halnya kita membantu orang yang melakukan kejahatan karna kondisi yang mendesak disebabkan faktor uang dsb. Hal seperti ini yang harus dihindari karna hasil yang didapatkan tidak akan baik pada diri kita. Saya pernah dihadaapkan suatu kasus dimana saya harus memilih “Apakah tetap melanjutkan atau tidak” sebelum saya masuk di kampus UMB saya mempunyai kerjaan disuatu perusahaan jasa hampir 1 bulan. Tetapi tidak lama kemudian saya sudah mulai masuk kampus sedangkan pekerjaan masih berlanjut setelah saya jalankan ternyata berdampak pada aktifitas belajar saya dan kondisi kesehatan. Lalu saya berpikir jika saya berhenti bekerja maka saya kehilangan materi, tetapi setelah dipikir secara matang akhirnya saya memutuskan untuk berhenti bekerja dengan segala resiko yang ada yaitu: Tidak mendapatkan gaji selama saya bekerja, perusahaan membenci saya karna keluar tanpa seijin atasan. Tetapi dengan keyakinan yang kuat menerima semua resiko akhirnya semua yang berdampak negatif berubah menjadi positif dan hasil yang saya dapatkanpun berujung manis untuk sekarang dan kedepannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS