Container Icon

JUJUR



Jujur adalah sebuah ungkapan yang acap kali kita dengar dan menjadi pembicaraan. Akan tetapi bisa jadi pembicaraan tersebut hanya mencakup sisi luarnya saja dan belum menyentuh pembahasan inti dari makna jujur itu sendiri. Apalagi perkara kejujuran merupakan perkara yang berkaitan dengan banyak masalah keislaman, baik itu akidah, akhlak ataupun muamalah; di mana yang terakhir ini memiliki banyak cabang, seperti perkara jual-beli, utang-piutang, sumpah, dan sebagainya. Jujur merupakan sifat yang terpuji. Allah menyanjung orang-orang yang mempunyai sifat jujur dan menjanjikan balasan yang berlimpah untuk mereka. Termasuk dalam jujur adalah jujur kepada Allah, jujur dengan sesama dan jujur kepada diri sendiri. Selama saya menjalankan hidup ini tidak pernah luput dari kesalahan banyak sekali godaan-godaan yang menghampiri sehingga menyebabkan tekanan batin.  Jujur saya pernah melakukan suatu hal yang sangat tidak baik, tapi saya selalu mengintrofeksi diri saya agar menjadi insan yang lebih baik lagi. Saya pernah punya pengalaman waktu itu ketika saya sedang berjalan kemudian ada sebuah dompet seseorang yang terjatuh lalu kemudian saya mengejar orang tersebut dan memberikan dompetnya yang terjatuh mungkin ada banyak lagi budaya jujur yang pernah saya lakukan kepada orang lain baik itu kepada teman maupun di dalam keluarga hanya sang maha pencipta yang mengetahui ALLAH SWT.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS