Analisis
Tingkat Kepuasan dan Komitmen Kerja Karyawan di-PT. Sriwijaya Air Dengan
Menggunakan Metode Service Quality (Servqual)
Nama : Hapy Andhika Ridi Pamuncar
NIM : 41611110033
RINGKASAN: Skrispi tersebut menjelaskan tentang Kepuasan
dan Komitmen Kerja Karyawan di-PT. Sriwijaya Air. Kontribusi angkutan udara
di-bidang industry jasa adalah memberikan pelayanan angkutan udara dari atau
ke-luar negeri dengan tujuan untuk memasukkan wisatawan sebanyak-banyaknya
dalam rangka meningkatkan pendapatan devisa Negara salah satunya adalah PT.
Sriwijaya Air. Penulis skripsi memilih perusahaan tersebut karena PT. Sriwijaya
Air adalah pemain baru dalam industri penerbangan nasional karena baru berdiri
tahun 2003. PT. Sriwijaya Air adalah sebuah maskapai nasional yang sedang
bersinar karena didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Hal
ini tidak terlepas dari peran serta Departmen Human Resource Deveopment (HRD)
yang mengelola sumber daya manusia agar mencapai kepuasan kerja karyawan dan
komitmen kerja karyawan. Disebutkan bahwa fungsi manajemen sumber daya manusia
adalah untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan dan komitmen kerja yang
termasuk dalam pemeliharaan sumber daya manusia (maintaining human resources)
dimana di-dalamnya mencakup satu kegiatan yaitu mengevaluasi fungsi manajemen
sumber daya manusia (Ivancevich dan Hoon, 2002).
SARAN:
Penulis seharusnya memberikan landasan teori pada skripsi tersebut terhadap
metode yang dipakai yaitu Metode Service Quality (Servqual) dan apa kaitannya
dengan tingkat kepuasan dan komitmen karna tidak semua pembaca memahami metode
tersebut. Kemudian gambar
yang ada pada skripsi harus diperjelas lagi keterangannya dan maksud dari gambar
tersebut yang tidak dilengkapi dengan keterangan. Dan peneliti harusnya memberikan
grafik pada skripsi tersebut terhadap perusahaan yang dituju sehingga dapat
mengetahui tingkat kepuasan kerja dan komitmen para karyawan dari perusahaan
tersebut. Dan deskripsi perusahaan harus lebih diperjelas lagi.
KRITIK:
Dalam skripsi ini semua sudah tersusun dengan baik. Hanya saja, penelitian
dalam skripsi ini hanya pada satu perusahaan sehingga tidak dapat membandingkan
dengan perusahaan lain terhadap strategi apa yang digunakan dalam pengembangan
suatu perusahaan. Dalam
skripsi ini metode dalam penelitiannya masih ada beberapa yang penjelasannya
tidak terlalu detail dan bahkan terbatas dalam pengamatannya terhadap survei
yang dilakukan. Salah satunya penelitian hanya dibatasi pada pengembangan pada
perusahaan tersebut.
http://www.atep-afia.net/2015/09/tugas-01-ttki-reguler-rsk-skripsi.html